Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Khusnul Khotimah Tak Datang Dengan Tiba-tiba

Khusnul Khotimah Tak Datang Dengan Tiba-tiba

Khusnul Khotimah


Saya masih ingat dengan salah satu episode sinetron Para Pencari Tuhan di televisi, yang mengisahkan tentang tingkah Bonte. Dia punya kebiasaan meledek, menyindir dan menghina orang dengan celetukan "ciyee...ciyee..ciyee..."

Semua orang nyaris jadi korbannya. Asrul, Bang Udin, atau Bang Jack sekalipun. Pokoknya, setiap kali ada sesuatu yang janggal, langsung Bonte nyeletuk dan mencibir, "Ciyee...ciyee.ciyeee."

Ini jadi kebiasaan khas Bonte yang menyebalkan.

Suatu ketika, kakaknya Bonte sakit keras dan terlihat mau sakaratul maut. Saat Bonte mengajarkan kakaknya kalimat tauhid agar kakaknya mati dalam husnul khatimah, tapi sang kakak gagap dan sangat sukar mengucap kalimat laa ilaaha illa Allah muhammadur-Rasulullah. Berkali-kali Bonte mencoba tetap saja tak bisa.

Akhirnya, Bonte mengadu pada Bang Jack dan kawan-kawan di mushola. Mereka datang untuk bantu.Ternyata benar, Bang Jack pun tak mampu membujuk kakaknya Bonte untuk menyebut asma Allah. Mereka khawatir, Jika dia mati dalam keadaan tidak membaca syahadat, dia bisa susah masuk surga.

Singkat cerita, Bonte membentak kakaknya "Hei Bang, coba ikuti saya, "asyahadu an laa ilaaha illa Allah...Muhammadur-Rasulullah."

Tapi, tetap tak seucap kata pun mampu diucapkan kakaknya. Bonte membentak lagi,"Nyebut Bang! Bisa bahaya, abang bisa masuk neraka, karena tidak husnul khatimah."

Akhirnya,terlihat ada gerakan mulut dari kakaknya Bonte, seolah mau mengatakan sesuatu.Semua orang tegang.Mereka melotot melihat kejadian itu.

Bonte membentak lagi.

Hingga akhirnya terucap kata-kata dari kakaknya Bonte,"Ciyee...ciyee...ciyee."

Subhanallah.

Ajal pun menjemput. Dia mati tanpa kalimat tauhid. Ternyata Bonte dan kakaknya punya kebiasaan mengucap "Ciyee...ciyee.ciyee."

Semoga bermanfaat.