Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Ingin Bebas dari Kemiskinan? Bacalah Ayat Ini Saat Keluar Rumah!

Bersyukur setiap hari atas nikmat yang diberikan kepada Allah SWT mulai dari kesehatan, keselamatan, bahkan saat diterpa musibah dan sakit pun umat muslim tidak lupa diharuskan untuk terus bersyukur atas segala nikmat-NYA yang tiada tara. Seperti salah satunnya "nikmat-Nya" membaca Ayat Kursi. Salah satu Wahyu yang datangnya dari Allah Azza Wa Jalla dalam kitab suci Alquran nan Agung dan bila dibaca mendatangkan kemaslahatan. Bahkan di antaranya dapat menghapuskan kemiskinan.

Ingin Bebas dari Kemiskinan? Bacalah Ayat Ini Saat Keluar Rumah!

Dilansir dari laman resmi Syaikh Abdurrahman Sudais, berjajar sederet banyaknya kebaikan saat Ayat Kursi dibacakan. Pertama yakni, Nabi SAW bersabda siapa saja membaca 4 ayat pertama Surat al-Baqarah, kemudian Ayat Kursi dan kemudian 3 ayat terakhir dari Surat al-Baqarah. Maka tidak akan ditimbulkan jenis apa pun kesulitan dalam kekayaannya atau dirinya sendiri, Setan tidak akan berani mendekati dan dia tidak akan melupakan Alquran.

Kedua, Nabi SAW juga berkata jika Alquran adalah kata yang luar biasa, dan Surah al-Baqarah adalah pemimpin Alquran dan Ayat Kursi adalah pemimpin Surah al-Baqarah. Di dalam Ayat Kursi terdapat 50 kata dan untuk setiap kata ada 50 berkah dan kebaikan di dalamnya.

Ketiga, siapa saja yang membacanya setiap pagi maka akan dilindungi Allah sampai malam tiba. Selain itu membaca Ayat Kursi dapat mempertajam ingatan, serta dapat menjaga harta dan anak-anak dari kejahatan setan.

Keempat, bagi orang yang sudah meninggal maka bisa dibacakan Ayat Kursi sebagai hadiah agar kuburnya senantiasa tersinari (nur/cahaya). Bagi seseorang yang hendak sakaratul maut pun, pembacaan Ayat Kursi dapat memudahkan kematiannya.

Kelima, saat meninggalkan rumah sangat bagus apabila tidak lupa membaca Ayat Kursi. Saat keluar dari rumah dan membaca Ayat Kursi sekali maka akan ada satu kelompok malaikat yang akan menjaganya, jika 2 kali maka akan ada 2 kelompok malaikat yang dikirim Allah untuknya dan jika 3 kali maka Allah mengatakan kepada para Malaikat untuk tidak khawatir karena Allah sendirilah yang akan turun tangan merawatnya.

Nabi SAW bersabda "Ketika meninggalkan rumah, jika seseorang membaca Ayat Kursi, maka Allah akan mengirim 70.000 Malaikat untuk melakukan Istigfar baginya sampai ia pulang ke rumah, dan setelah kembali, kemiskinan akan dihapus darinya".

Keenam, saat membaca ayat tersebut sebelum tidur maka malaikat akan menjaganya hingga ia bangun dan barangsiapa membacanya saat sendirian dirumah maka akan memunculkan rasa tenang serta dihilangkan rasa takut. Selanjutnya, orang yang membacanya setelah berdoa, salat mereka akan diterima, dan akan tetap dalam keselamatan Yang Maha Kuasa dan Allah akan melindungi mereka. Allah mengatakan kepada Nabi Musa AS jika seseorang membacanya setelah setiap salat, Allah SWT akan membuat hatinya bersyukur, akan memberinya pahala dari para nabi, dan perbuatannya akan menjadi seperti yang jujur.

Ayat Kursi sendiri terdapat dalam QS. Al-Baqarah (2:255), juga dikenal sebagai Ayat Tahta atau Singgasana. Banyak hadis yang berbicara tentang kebajikan dan manfaat dari Ayat Kursi. Seperti diceritakan Abu Hurairah, "Nabi Muhammad SAW memerintahkan saya untuk menjaga pendapatan Zakat Ramadan. Lalu seseorang mendatangi saya dan mulai mencuri bahan makanan. Saya menangkapnya dan berkata, "Saya akan membawamu ke Rasul Allah!". Kemudian Abu Huraira menggambarkan seluruh narasi dan berkata "Orang itu berkata (kepada saya), "Tolong jangan membawaku ke Rasul Allah dan aku akan memberitahumu beberapa kata yang dengannya Allah akan menguntungkan Anda."

Ketika Anda pergi ke tempat tidur, bacakan Ayatul Kursi, (2.255) untuk kemudian akan ada penjaga dari Allah yang akan melindungi Anda sepanjang malam, dan Setan tidak akan bisa mendekati Anda sampai fajar." Ketika Nabi mendengar cerita tersebut, beliau berkata “Dia (yang datang kepadamu pada malam hari) mengatakan kepada Anda kebenaran meskipun ia adalah seorang pembohong dan itu adalah Setan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Syekh Ali Jaber juga menerangkan mengenai kedahsyatan membaca Ayat Kursi. Yakni bila dibaca setelah selesai salat tidak ada halangan baginya masuk surga kecuali mati (menunggu meninggal). Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai salat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (HR. An Nasa-i, shahih)

Seorang dukun dari Yaman yang kini telah bertaubat. Dukun tersebut bercerita pengalamannya dulu saat ia masih menjadi dukun, ia memiliki ilmu kebal dengan bantuan setan. Suatu ketika ada seorang anak muda dan disuruhlah untuk menusuk badannya.

Sebelum menusuk pemuda itu membaca doa "ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUMU." yakni membaca ayat kursi, dan saat pemuda itu menusuk badan dukun tersebut, ternyata tubuhnya tembus dan berlubang hingga mengeluarkan banyak darah dan dibawa ke rumah sakit. Setelah agak baikan ia penasaran dan dukun itu bertanya kepada setan ke mana mereka saat ia ditusuk, setan itu menjawab kami terlempar saat dibacakan Ayat Kursi.

Subhanallah. Maha Suci Allah dengan segala limpahan rahmat dan kebesaran-NYA. Dengan uraian ini rasa cinta kepada Allah dan keimanan kita semoga selalu terjaga dan dapat meningkat. Aamiin ya Rabbal alamin.