Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Jangan Anggap Remeh! Ini 5 Khasiat Ajaib Biji Salak yang Jarang Kita Tahu

Buah salak merupakan salah satu jenis buah yang banyak dibudidayakan di negara beriklim tropis. Salak memiliki ciri pohon yang dikuliti dengan penuh duri tajam. Buah yang sudah menjadi khas oleh-oleh wisatawan lokal ini, banyak dijumpai di berbagai wilayah hampir di seluruh kawasan Indonesia.

Jangan Anggap Remeh! Ini 5 Khasiat Ajaib Biji Salak yang Jarang Kita Tahu

Perlu diketahui, membuang biji salak merupakan salah satu hal wajar yang sudah biasa dilakukan oleh para penikmat buah salak. Demikian karena mereka belum tahu apa sebenarnya yang terkandung dalam biji salak ini. Studi kesehatan dari dalam negeri mengungkapkan hasil dari uji lab, yaitu biji salak ternyata memiliki berbagai senyawa alami, serta dapat digunakan untuk menyembuhkan dan mencegah beragam penyakit seperti berikut.

1. Melancarkan Peredaran Darah

Khasiat utama biji salak adalah sebagai pelancar sistem peredaran darah. Kandungan alami yang terdapat dalam biji buah ini dapat mencegah darah kental, sehingga darah akan selalu encer dan tersebar rata ke seluruh bagian organ tubuh.

2. Atasi Asam Urat

Selain melancarkan peredaran darah, khasiat biji buah buah salak juga dapat berguna untuk menurunkan kadar asam urat yang dapat menyebabkan persendianmu menjadi nyeri. Dengan memanfaatkan biji salak ini sebagai olahan herbal, juga dapat menyembuhkan asam urat secara natural.

3. Baik Untuk Pencernaan

Agar sistem pencernaan anda tetap baik, tidak ada salahnya jika anda selalu rutin untuk mengonsumsi ramuan yang terbuat dari biji salak. Biji salak memiliki kandungan serat, vitamin dan berbagai jenis nutrisi yang baik untuk membantu melancarkan sekaligus menyehatkan sistem pencernaan kita.

4. Meningkatkan Stamina

Biji salak diakui sebagai salah satu asupan yang mengandung energi lengkap bagi kebutuhan tubuh manusia. Dengan cara alami yang satu ini, kamu dapat mempertahankan energi yang mudah hilang dalam tubuhmu saat menjalankan aktivitas atau melakukan pekerjaan.

5. Sumber Energi Alami

Sebagai seorang pria yang memiliki profesi kerja agak berat, tentu akan membutuhkan suplai energi yang banyak. Untuk mencukupi itu semua, tak cukup rasanya bila kita hanya mengandalkan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Maka sangat disarankan bagi anda untuk mencukupi kebutuhan energi harian dengan mengonsumsi jenis ramuan yang mengandung banyak energi, seperti biji buah salak salah satunya.

Cara mengolah biji salak : Potong – potonglah biji salak lalu jemur hingga kering. Selanjutnya sangrai biji salak hingga matang atau warnanya berubah jadi gelap. Kemudian tumbuk hingga lembut, dan barulah kita bisa membuat minuman yang terbuat dari bubuk biji salak. Buatlah minuman dari bubuk biji salak tersebut seperti halnya membuat minuman kopi ( dengan takaran secukupnya saja ).

Sumber referensi :

manfaat.co.id/manfaat-biji-salak
khasiat.co.id/biji/biji-salak.html