Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Subhanallah, Belimbing Wuluh Ternyata Bisa Mengobati Diabetes dalam Waktu 10 Menit

Belimbing wuluh yang populer dengan rasanya yang asam (sering disebut dengan belimbing sayur), namun memberikan efek penyegaran pada tubuh. Sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan, juga untuk rujak.

Subhanallah, Belimbing Wuluh Ternyata Bisa Mengobati Diabetes dalam Waktu 10 Menit

Belimbing wuluh juga dari dahulu sering digunakan sebagai bahan masakan, guna menghasilakan rasa masam secara alami.

Belimbing wuluh mempunyai khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Buah asam ini memiliki nama ilmiah Averrhoa bilimbi.

1. Menurunkan Tensi Darah Gejalan akibat hipertensi tidak sama pada setiap orang, namun gejala hipertensi secara umum yaitu sakit kepala berlebihan, detak jantung terasa cepat (jantung berdebar), rasa pegal pada tengkuk (terasa tidak nyaman), pusing dan telinga berdenging.

bahwa batang belimbing wuluh memiliki kandungan saponin, sulfur, tanin, glucoside, kalsium oksalat, dan asam format. Adapun daunnya mengandung tanin, sulfur, asam format, dan perokside. Buahnya secara khusus bisa digunakan untuk menurunkan tensi darah.

Untuk membuat ramuan belimbing wuluh sebagai obat darah tinggi, seperti yang dipaparkan oleh seorang ahli tanaman obat, yaitu Dr Setiawan Dalimarta. Cara membuat ramuannya:

Pertama-tama siapkan 3 buah belimbing wuluh yang berukuran sedang.

Cuci buah belimbing wuluh hingga bersih, kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian.

Lalu rebus dengan tiga gelas air, biarkan mendidih hingga hanya tersisa satu gelas. Setelah itu tunggu agak mendingin airnya (tidak terlalu panas), lalu airnya disaring.Minum air ramuan tersebut di pagi hari (setelah melakukan sarapan).

Cara lainnya untuk membuat ramuan:

Pertama-tama siapkan tiga buah belimbing wuluh, cuci bersih .Siapkan juga biji srigading sebanyak 25 gr, cuci bersih. Lalu biji srigading Anda tumbuk hingga halus. Lalu masukkan ke dalam panci yang berisi empat gelas air. Lalu rebus bersama belimbing wuluh. Biarkan saat mendidih, hingga hanya tersisa satu gelas.Setelah itu, tunggu airnya agak mendingin, lalu saring airnya dan minum. Lakukan satu kali dalam sehari.

Sebagai catatan penting dalam membuat ramuan ini, pada penderita darah tinggi yang air kencingnya mengandung kristal oksalat, maka hendaknya tidak mengonsumsi ramuan ini. Hal itu karena bahannya yang mengandung asam oksalat.

Demikian juga pada penderita hipertensi yang mengalami gangguan lambung seperti maag, maka hendaknya jangan meminum ramuan ini, karena rasa ramuan ini yang asam. Sebagai alternatif, Anda bisa menukar belimbing wuluh dengan belimbing manis.

2. Untuk Diet Belimbing wuluh bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Hal itu karena belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin C dan serat. Kedua kandungan tersebut memiliki manfaat untuk membantu memperlancar diet Anda.

Kandungan vitamin C memiliki fungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Lancarnya proses metabolisme tubuh yang berjalan secara optimal, berarti juga akan membakar lemak di dalam tubuh secara optimal.

Kandungan serat juga bermanfaat untuk membantu mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh. Selain itu kandungan serat seperti yang umum diketahui, bermanfaat untuk menekan nafsu makan, sehingga Anda bisa terhindari dari mengonsumsi makanan secara berlebihan.

3. Membuat Wajah Berseri Anda bisa memanfaatkan belimbing wuluh untuk membuat wajah berseri. Jika dikonsumsi maka belimbing wuluh memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan pada kulit dari serangan radikal bebas.

Paparan radikal bebas pada kulit menyebabkab terjadinya kerusakan pada kulit dan memicu masalah penuaan dini. Belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan kulit.

Anda juga bisa membuat masker belimbing wuluh yang bermanfaat menjadikan wajah menjadi cerah, berseri dan halus.

Untuk membuat maskernya, pertama-tama siapkan 10 buah belimbing wuluh, pastikan semuanya telah dicuci menggunakan air bersih.

Setelah itu Anda haluskan belimbing wuluh yang sudah dibersihkan tersebut hingga hancur (lumat). Sehingga nantinya bisa melekat di kulit.

Anda dapat menambahkan air hangat jika terlalu kental. Anda aplikasikan belimbing wuluh yang telah dihancurkan tersebut pada kulit wajah. Setelah itu biarkan selama 10 menit atau lebih.

Agar bisa memperoleh manfaat maksimal, maka sebelum mengaplikasikan masker belimbing wuluh tersebut pada wajah, bersihkan wajah memakai sabun khusus pembersih wajah.

Adapun saat yang paling tepat untuk menggunakan ramuan masker ini yaitu sebelum tidur.

Dengan kandungan flavonoid yang terkandung pada belimbing wuluh, dimana flavonoid memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit dan menjaga kesehatan kulit.

4. Mengobati Batuk, Ketika penyakit batuk muncul, mengakibatkan aktivitas yang dijalankan sehari-hari menjadi terganggu. Sehingga walaupun penyakit batuk bukanlah jenis penyakit yang serius, namun karena menganggu tetap harus secepatnya disembuhkan.

Penyakit batuk ini rentan menyerang, terutama pada anak-anak. Anda bisa mengobati batuk secara alami, yaitu dengan menggunakan belimbing wuluh.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 3 buah belimbing wuluh

  • 200 cc air

  • Gula secukupnya

Cara Membuat Ramuannya:

Pertama-tama campurkan air, belimbing wuluh dan gula pada satu wadah. Tim selama 1 jam. Lalu angkat, tunggu hingga mendingin. Lalu Anda saring air belimbing wuluh menggunakan kain.

Lalu bagilah menjadi dua, yaitu agar diminum di pagi dan malam hari. Minum sebelum makan.

Dalam resep diatas, Anda bisa mengganti gula dengan madu. Hal itu terserah Anda (sesuai dengan selera Anda). Minum ramuan ini secara rutin untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

5. Mengobati Diabetes Belimbing wuluh mempunyai khasiat bagus untuk mengatasi penyakit diabetes. Penyakit diabetes termasuk jenis penyakit yang cukup berbahaya dampaknya, akibat dari tingginya kadar gula di dalam darah.

Penyebab kadar gula dalam darah yang tidak terkontrol (tidak normal) disebabkan tubuh kekurangan zat insulin, dimana zat insulin berfungsi penting dalam mengendalikan kestabilan kadar gula dalam darah.

Zat insulin dihasilkan oleh pankreas. Ketika seseorang terkena diabetes menyebabkan zat insulin berkurang secara signifikan, yang hal itu berarti bahwa organ pankreas sedang mengalami masalah dalam memproduksi zat insulin yang mencukupi bagi tubuh.

Kandungan di dalam belimbing wuluh bermanfaat bagi penderita diabetes. Di dalam belimbing wuluh terkandung senyawa saponin dan flavonoid, yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi zat insulin oleh pankreas, dan juga bermanfaat untuk memulihkan sel-sel pankreas yang mengalami kerusakan.

Kondisi diabetes menyebabkan penderitanya tidak bisa memperoleh asupan nutrisi dan energi yang mencukupi, dimana penderita diabetes umumnya sering kelelahan dan juga merasa lemas.

Kandungan zat tanin yang ditemukan di dalam buah belimbing wuluh berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar gula darah tinggi menjadi ke tahap normal.

Kandungan kalsium oksalat di dalam belimbing wuluh bermanfaat untuk mencegah pengeroposan pada tulang. Penderita diabetes bisa terkena resiko komplikasi berupa penyakit pengeroposan tulang, serangan jantung, gagal ginjal, obesitas dan gangguan hati.

Anda bisa memanfaatkan belimbing wuluh untuk pengobatan alami pada penyakit diabetes, bisa dengan cara dimakan langsung, ataupun diolah sesuai keinginan.