Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Banyak Yang Tak Suka, Padahal Singkong Rebus Memiliki Berbagai Khasiat Menakjubkan, Subhanallah!

Singkong, pastinya sudah terdengar akrab di telinga kita. Berbagai jajanan enak banyak yang dibuat dengan berbahan dasar singkong. Namun kali ini kita lebih direkomendasikan untuk direbus, agar khasiat yang didapat bisa lebih maksimal, serta terhindar dari bahan – bahan campuran lain yang bisa mengurangi nutrisinya.

Banyak Yang Tak Suka, Padahal Singkong Rebus Memiliki Berbagai Khasiat Menakjubkan, Subhanallah!

Singkong mengandung ragam nutrisi, di antaranya Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Riboflavin, Vitamin, serta masih banyak kandungan senyawa lainnya.

Ketela pohon atau yang terkenal dengan nama singkong ini adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae serta memiliki nama latin yaitu Manihot Utilissima. Singkong merupakan salah satu makanan yang cukup dekat dengan masyarakat Indonesia.

Namun, tahukah anda bahwa singkong bukan berasal dari Indonesia? Sebenarnya singkong berasal dari Paraguay dan Brazil. Para bangsa Portugis lah yang membawa dan memperkenalkan singkong ke Indonesia dan pada sejak tahun 1810-an singkong mulai ditanam secara resmi di tanah Indonesia.

Seiring dengan perkembangan zaman kepopuleran singkong sempat meredup bahkan dianggap sebagai makanan kampung. Namun, pada sekarang-sekarang ini singkong mulai kembali populer karena singkong dapat diolah secara kreatif sehingga tidak ada yang menganggap singkong sekarang makanan kampung. Selain itu, singkong juga diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta dipercaya sangat efektif dalam mengatasi berbagai penyakit.

Dengan khasiat yang sangat luar biasa, tentunya tidak terlepas dari kandungan yang dimilikinya. Singkong merupakan sumber energi karena kaya akan karbohidratnya. Namun, singkong memiliki protein yang cukup sedikit justru kandungan protein terbesar terdapat pada daunnya.

Nah, berikut ini adalah manfaat / khasiat luar biasa jika kamu rajin konsumsi singkong yang direbus.

1. Menyarap Racun dan Lemak Jahat

Dalam singkong rebus tinggi akan kandungan serat, berfungsi membantu penyerapan racun pada sistem pencernaan, serta melancarkan pelarutan lemak jahat yang tidak berguna dalam tubuh. Dengan begitu metabolisme tubuh akan semakin membaik, dan berat badan akan terkontrol.

2. Mencegah Kanker

Tumbuhnya sel kanker akibat dari radikal bebas, lambat laun akan merusak organ tubuh, hingga menyebabkan gangguan serius dan berbahaya. Seperti dilansir dari faktakanker.com (retrieved 12/02/2018), Senyawa alami berupa Vitamin B17 pada singkong rebus, sangat berperan aktif dalam menangkal tumbuh kembangnya sel kanker dalam tubuh.

3. Bagus untuk Perkembangan Otak

Singkong rebus mengandung Vitamin B, Riboflavin, Thiamin dan juga Asam Pantotenant. Di mana ragam senyawa tersebut sangat membantu pertumbuhan otak, serta mampu memaksimalkan kinerjanya.

4. Menurunkan Kolesterol Jahat

Terdapatnya Saponin dalam singkong rebus, berfungsi sebagai pencegahan terhadap penyerapan Asam Empedu maupun Kolesterol dalam usus kecil. Dengan begitu kadar Kolesterol jahat ( kolesterol LDL ) mampu dikendalikan secara efektif.

5. Ampuh Mengatasi Stres dan Rasa Cemas

Konsumsi singkong rebus ternyata sangat manjur untuk mengendalikan tingkat stres dan perasaan cemas. Bahkan singkong rebus juga cukup efektif untuk memperbaiki mood Anda. Demikian karena singkong rebus mengandung senyawa Magnesium, yang mana berfungsi untuk menenangkan sistem syaraf, sehingga mampu merileksasikan kondisi tubuh kamu.

6. Mampu Menetralkan Asam Lambung

Singkong diketahui mampu untuk menetralkan asam lambung yang sedang naik. Selain itu, tanaman ini juga mengandung senyawa yang dapat memberikan efek baik pada tubuh. Mengatasi asam lambung dengan singkong dipercaya lebih efektif dari pada mengatasinya dengan obat-obatan kimia lainnya.

Singkong harus diolah dengan benar, jika salah dalam mengkonsumsi dan cara pengolahannya justru singkong akan memicu timbulnya gejala asam lambung naik. Untuk mengolahnya disarankan dengan merebusnya ditambahkan sedikit garam di atasnya.

Konsumsilah singkong rebus minimal tiga kali sehari untuk mengobati penyakit asam lambung, tapi ingat jangan mengkonsumsi singkong yang digoreng, dibakar atau dalam bentuk lain kecuali direbus. Biasanya pada pagi hari, penderita asam lambung akan merasakan nyeri ulu hati disertai dengan mual, cepatlah konsumsi rebusan singkong agar keluhan tersebut dapat mereda.