Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Inilah 7 Penyebab Kenapa Rumah Jadi Angker, No 2 Masih Sering Dilakukan

Kata orang, setiap rumah atau bangunan itu pasti ada penghuninya. Jadi mau bagus atau jelek rumahnya, tetep aja ada makhluk halus yang bersarang di dalamnya.

Inilah 7 Penyebab Kenapa Rumah Jadi Angker, No 2 Masih Sering Dilakukan

Tapi yang membedakan, nggak semua makhluk halus itu iseng dan jahil menggoda manusia. Ada juga yang demen bersemayam aja tapi ogah ngejahilin. Namun ada juga yang kerap menampakkan wujudnya dan menggoda orang yang tinggal di dalamnya.

Lalu sebenernya apa sih yang bikin para makhluk halus tersebut betah tinggal di rumah? Ternyata bisa jadi karena ulah manusia sendiri lho.

Manusia kerapkali tak sengaja ‘mengundang’ makhluk halus untuk tinggal di rumahnya karena masih kerap melakukan hal-hal ini. Apa aja?

1. Rumah Yang Jarang Digunakan Untuk Beribadah

Banyak yang mengungkapkan bahwa rumah yang ditinggali tapi tidak pernah di gunakan untuk ibadah atau untuk berbuat hal baik lainnya maka sama saja rumah tersebut seperti dengan kuburan.

Mungkin hal ini yang menyebabkan makhluk halus suka untuk menempati segala sudut tempat yang ada di rumah terutama rumah yang tidak pernah di gunakan untuk beribadah.

Makhluk halus menganggap rumah tersebut adalah tempat cocok dengan yang semestinya ia tempati.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, maka tidak ada salahnya jika rumahmu kamu gunakan sesering mungkin untuk kegiatan ibadah. setidaknya mungkin itu bisa membuat makhluk halus berpikir bahwa rumahmu tidak pantas untuk di tinggali oleh mereka.

Sudah semestinya kita hiasi rumah kita dengan berbagai ibadah seperti shalat berjamaah bersama keluarga, mengadakan pengajian, mendirikan shalat malam dan kegiatan ibadah lainnya

2. Memajang foto atau lukisan di dinding rumah

Iya sih rumah akan terlihat indah dan hidup ketika dipasang banyak foto, hiasan, dan pajangan. Tapi ternyata, hiasan yang ada di dalam rumah justru bisa menjadi tempat tinggal para makhluk halus, lho. Mereka makin betah untuk tinggal disana, apalagi ketika ada banyak foto yang tertempel di dinding.

Bahkan malaikat pun enggan masuk ke rumah yang banyak foto dan lukisannya, inilah salah satu penyebab kenapa makhluk halus semakin enggan pergi.

3. Kerap melakukan maksiat dan hal negatif di rumah

Rumah sejatinya adalah tempat untuk beristirahat, karena hanya di rumah seseorang bisa bebas melakukan apa saja dengan nyaman.

Tapi ada juga rumah yang justru dijadikan tempat untuk melakukan hal negatif, kayak main judi atau minum-minum.

Nah, udah pasti rumah yang kayak gini bisa jadi angker lantaran banyak makhluk halus yang senang tinggal di dalamnya.

4. Jarang membersihkan kamar mandi

Masih malas bersihin kamar mandi? Plis, mulai sekarang lebih rajin bersihkan kamar mandi, yuk! Rupanya kamar mandi merupakan tempat yang paling disukai makhluk halus di rumah karena lembap dan kotor.

Udah dibersihin aja masih tetep jadi sarang mereka, apalagi yang nggak pernah dibersihin? Waduh!

5. Ada ruangan kosong dan gelap yang sengaja tak dijamah

Makhluk halus juga kerap menjambangi ruangan-ruangan kosong yang jarang dilakukan aktivitas di dalamnya. Terlebih ketika ruangan tersebut gelap dan jarang terjamah.

Untuk itulah ruangan kosong di rumah tetap harus diberi lampu supaya terang dan bersih.

6. Rumah yang tak pernah terdengar lantunan Al Quran di dalamnya

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah berkata :

“Sesungguhnya rumah yang dibacakan al Qur’an didalamnya akan menjadi luas bagi pemiliknya, malaikat mendatanginya, syetan menjauhinya dan banyak kebaikannya, dan rumah akan menjadi sempit bagi pemiliknya, malaikat menjadi terhalang, syetan hadir dan sedikit kebaikannya jika tidak dibacakan al Qur’an dalam rumah tersebut.” [HR. Ad Darimi]

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu mengabarkan dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surah Al-Baqarah.” [HR. Muslim no. 1821]

7. Membiarkan rumah terlalu lama kosong

Dan satu lagi penyebab rumah menjadi angker adalah karena sang pemilik terlalu lama membiarkannya kosong dan tak berpenghuni. Rumah kayak gini jelas disukai para makhluk halus untuk dijadikan sarang.

Jadi kalau punya rumah nggak dipakai, mending disewain aja supaya tetep berpenghuni.

Nah sekarang sudah tau kan penyebab-penyebab makhluk halus itu suka tinggal betah di rumahmu. Jika memang hal itu tidak ingin terjadi, nggak ada salahnya kan kamu coba memulai berpikir kira-kira apa ya yang masih belum kamu lakukan dari beberapa hal di atas.

Jika kamu sudah mengetahuinya, maka tunggu apalagi lakukan yang menurutmu harus kamu lakukan agar makhluk halus tidak bersarang di rumahmu.