Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Yuk Baca Al Kahfi di Malam Jumat, Berikut 5 Hikmah Dahsyat yang Kamu Dapatkan dari Amalan Ini!

Malam Jumat merupakan malam penuh berkah, khususnya untuk menambah amalan yang baik.

Yuk Baca Al Kahfi di Malam Jumat, Berikut 5 Hikmah Dahsyat yang Kamu Dapatkan dari Amalan Ini!

Pada hari jumat, banyak amalan yang bisa umat muslim lakukan satu diantaranya adalah membaca surat Al-Kahfi.

Hal ini juga bisa kamu lakukan pada Kamis malam.

Surat Al Kahfi merupakan satu surat yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat jika dibaca dan diamalkan dengan benar oleh umat Islam.

Surat ini dianjurkan Rasullah SAW untuk dibaca umat Muslim pada Jumat dan malam Jumat.

Sebenarnya tidak harus hari Jumat saja, namun dianjurkan pada hari itu.

Berikut hikmah membaca Al Kahfi di Hari Jumat

1. Melindungi Kita dari Dajjal dan segala Fitnahnya

Hal tersebut diperkuat dengan hadits berikut ini, “Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

2. Mendapat cahaya penerang dari Allah SWT

Satu diantara banyak manfaat membaca membaca surat Al Kahfi dengan rutin di hari Jumat atau malam Jumat adalah agar Allah selalu melindungi hidup kita dengan cahaya keberkahan dan petunjuk dalam kehidupan ini.

Dalam sebuah hadits diriwayatkan, “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

3. Mendapat ampunan dari Allah SWT

Salah satu waktu yang paling baik saat memohon ampunan kepada Allah adalah di hari Jumat, dengan taubatan nasuha yang tulus, serta membaca surat Al Kahfi.

Dalam sebuah riwayat Dari Abu Sa’id al-Khudri ra., dari Ibnu Umar ra., “Rasulullah SAW bersabda, ‘Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at."

4. Terhindar dari gangguan setan

Salah satu cara melindungi diri dari godaan setan dan segala keburukannya, menurut anjuran Rasulullah SAW adalah dengan membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat atau di hari Jumat.

Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa sebuah rumah yang dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu.

5. Dilindungi dari Jumat ke Jumat berikutnya

"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi)

Yuk, baca surat Al Kahfi.