Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Sekarang Mah Apa- Apa MAHAL ! Biar Lebih Hemat Yuk Bikin Sendiri KulitKetupat… Baca Lengkap Caranya…

Memasak ketupat sudah menjadi tradisi di Indonesia, setiap hari raya Lebaran atau Idulfitri. Namun, banyak yang tidak pernah tahu bagaimana cara membuatnya. Alhasil, mereka lebih memilih membelinya di pasar.

Sekarang Mah Apa- Apa MAHAL ! Biar Lebih Hemat Yuk Bikin Sendiri Kulit Ketupat… Baca Lengkap Caranya…

Padahal, membuat ketupat adalah salah satu keterampilan yang diwariskan dari leluhur. Belajar membuat ketupat sebenarnya sangat mudah asal tahu triknya.

Bentuk ketupat ada banyak macamnya. Namun sekarang hanya sedikit yang kita kenal, yakni yang berbentuk jajaran genjang. Padahal Indonesia mempunyai beragam bentuk yang unik dan klasik.

Bentuk ketupat yang tidak biasa itu diantaranya, ketupat sari, ketupat geleng, ketupat sinto, ketupat sidapurna, ketupat bebek, ketupat gatep, ketupat tumpeng, ketupat jago, ketupat bata, ketupat bagea, ketupat pendawa dan ketupat sidalungguh.

Sungguh kreatif kan bangsa kita. Di era modern model ketupat lebih bervariatif, ada yang berbentuk binatang seperti kucing. Namun jenis ketupat ini dipakai untuk hiasan atau sebagai cinderamata.

Menurut sejarah, ketupat pertama kali dikenalkan Sunan Kalijaga di Jawa beberapa abad lalu.

Membuat ketupat gampang-gampang susah. Sebenarnya sangat sederhana, hanya perlu latihan dua-tiga kali langsung bisa. Semakin sering latihan semakin terampil kita membuatnya.

Yuk simak, berikut cara membuat ketupat yang paling sederhana:

1. Siapkan janur, daun kelapa yang masih sangat muda berwarna putih kekuning-kuningan. Gulung janur sampai tiga kali gulungan pada tangan anda dengan posisi pangkal janur menghadap ke atas.

2. Ambil janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan anda sebanyak tiga kali. Namun kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.

3. Buatlah kedua gulungan janur tapi saling bersilangan. Namun janur harus tetap dalam posisi tergulung.

4. Ambil salah satu ujung janur dan putar ke belakang susunan janur tadi.

5. Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tersebut seperti menganyam.

6. Teruskan anyaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.

7. Pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa dianyam ke atas. Lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.



Masih bingung cara membuat kulit ketupat, Silahkan lihat secara detail di video bawah ini:


Tips Membuat Ketupat Kenyal dan Tidak Cepat Basi :

1. Beras yang digunakan adalah beras yang menghasilkan nasi pulen. Seperti beras rojolele, pandan wangi, mentik spesial, atau sesuai selera anda.

2. Usahakan kulit ketupat mempunyai ukuran yang sama agar matangnya secara bersamaan.

3. Janur atau kulit ketupat. Pilihlah daun kelapa yang berwarna kuning muda kehijauan atau yang tampak segar agar hasil jadi ketupat lebih bersih dan putih.

4. Agar ketupat menjadi Gurih dan Kenyal. Tambahkan sedikit air kapur sirih pada beras yang sudah dicuci sebelum dimasukkan ke dalam janur kulit ketupat. Fungsi dari air kapur sirih juga bisa membuat ketupat lebih awet dan tidak cepat basi. Supaya rasanya lebih gurih, sobat onliners bisa menambahkan sedikit garam pada beras (opsional kalau suka).

5. Bila saat merebus, air rebusan ketupat mulai berkurang, tambahkan lagi air panas. Tujuannya agar ketupat tetap bersih dan tidak terlihat kotor saat sudah jadi.

6. Agar ketupat menjadi lebih awet dan tidak basi, bila sobat onliners masak ketupat terlalu banyak, kalian bisa memasukkan sisa ketupat ke dalam lemari es. Sesaat sebelum dihidangkan lagi, keluarkan dan biarkan ketupat beberapa lama sampai dinginnya berkurang. Kemudian, rebus di dalam air mendidih sekitar kurang lebih 30 menit lalu tiriskan. Rasanya, tentu saja masih tetap kenyal dan legit.